Pintu Rumah Timbul Retak-Retak

» 5/27/2016

Pintu-rumah-timbul-retak-retak
Pintu rumah timbul retak-retak - Setiap jenis finishing kayu memiliki karakteristik tersendiri sehingga lebih cocok digunakan untuk kondisi tertentu. Selain itu juga perlu diperhatikan apakah untuk digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan rumah.

Ada beberapa jenis finishing kayu, seperti salah satu pertanyaan konsultasi dekorasi rumah berikut ini :

Pertanyaan : pintu, jendela serta kusen kayu di rumah saya bagus dan mengkilap, semuanya saya beli jadi tetapi baru beberapa bulan, di beberapa bagian pintu utama terlihat seperti ada retak-retak. Kenapa bisa seperti itu ya ? (Rico, Jakarta)

Jawaban : Banyak faktor menjadi penyebab timbulnya retak-retak pada beberapa bagian pintu, jendela, kusen seperti yang ditanyakan, salah satunya karena kesalahan dalam pemilihan finishing kayu. Finishing pada pintu, jendela serta kusen kayu yang mengkilap biasanya menggunakan finishing melamik atau melamin.

Melamik memang banyak digunakan untuk pintu, jendela serta kusen kayu karena memiliki tampilan halus, rata, memberikan kesan elegan dan berkelas dengan harga terjangkau. Tetapi perlu diketahui bahwa sebenarnya finishing melamik cocok digunakan untuk interior rumah furniture kayu serta penggunaan didalam ruangan.

Melamik memiliki sifat tahan gores tetapi tidak tahan terhadap benturan karena sifatnya getas. Pintu sebagai jalur keluar masuk rumah memiliki potensi besar terkena benturan, misalnya orang membawa barang berat. Begitu terkena benturan akan mudah sekali retak.

Selain tidak tahan benturan, melamik tidak bisa mengikuti muai susut kayu apabila digunakan diluar ruangan (outdoor). Itulah mengapa finishing melamik yang digunakan di luar ruangan menjadi mudah retak-retak.

Untuk pintu utama akan lebih baik apabila menggunakan finishing PU (polyurethane) dibandingkan melamik, karena sifatnya lebih tahan terhadap benturan. Dari segi tampilan, melamik memang lebih memberikan kesan mewah dibandingkan PU (polyurethane), akan tetapi hal tersebut bisa dikesampingkan apabila ingin pintu utama rumah anda menjadi lebih awet.

Selain finishing PU (polyurethane), tentunya bisa juga dipilih jenis finishing kayu lain sesuai dengan keinginan atau mengikuti gaya rumah tinggal.

Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top