Desain Mushola Rumah

» 5/16/2016

desain-mushola-rumah
Desain Mushola Rumah - Kehadiran mushola di dalam rumah sering dianggap tidak terlalu penting ketika membuat perencanaan ruang untuk rumah. Padahal jika kita pintar mengakalinya, desain mushola rumah bisa dibuat walaupun pada lahan terbatas sekalipun.

Jika mengerti pentingnya ritual shalat berjamaah dibandingkan shalat sendirian, kehadiran mushola di dalam rumah menjadi salah satu solusi selain untuk memenuhi salah satu rukun islam, juga mempererat hubungan antar penghuni rumah terutama keluarga besar yang tinggal dalam satu rumah.

Dekorasi rumah dalam hal ini desain mushola rumah, bisa dibuat sesuai jumlah anggota keluarga inti atau jumlah penghuni rumah apabila dihuni oleh keluarga besar. Ukuran satu sajadah orang dewasa kira - kira 0,6 m x 1,1 m = 0,66 m2, jadinya tinggal dikalikan saja dengan banyaknya penghuni rumah yang akan shalat dan penting juga menambahkan 25% - 35% dari hasil perhitungan tersebut untuk sirkulasi ruangan mushola rumah.

Penempatan ruang mushola rumah bisa didekat kamar tidur atau berada di area publik seperti di dekat ruang tamu atau keluarga. Untuk rumah dengan lahan terbatas seperti rumah mungil, mushola rumah dapat memanfaatkan sebuah ruang difungsikan serbaguna seperti ruang belajar, ruang keluarga atau ruang lain yang memungkinkan untuk difungsikan serbaguna. Tentunya akan lebih baik apabila di desain bisa meminimalisir pemindahan furnitur / perabot rumah ketika akan difungsikan sebagai mushola rumah.

Menata sendiri interior rumah dalam hal ini ruang mushola, tentunya juga memerlukan pemilihan aksesori interior yang tepat, supaya mendukung suasana ritual shalat dan berdo'a supaya menjadi lebih khusyuk. Dalam membuat desain mushola rumah, ada baiknya menghindari penempatan aksesori gambar / tulisan terlalu mencolok di dinding.

Utamanya ritual shalat dilakukan secara berjamaah di mesjid, mushola atau surau dibandingkan shalat sendirian. Semoga desain mushola rumah ini bisa bermanfaat...

Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top