3 Cara Mendesain Rumah Tahan Gempa

» 9/08/2017

rumah-tahan-gempa
Dekorasi Rumah | Rumah Tahan Gempa - Indonesia memiliki gunung berapi dan lempeng tektonik (Eurasia, Indo-Australia) yang menjadi pemicu terjadinya gempa, seperti gempa yang pernah terjadi di Sumatera Barat, Tasikmalaya, Yogya, Nias, Aceh.

Jakarta sebagai Ibu Kota Negara walaupun tidak terletak diatas patahan aktif tetapi memiliki jarak cukup dekat dengan patahan Cimandiri Sukabumi yang berpotensi sebagai sumber gempa.

Melihat kondisi tersebut, tidak ada salahnya ketika berencana membangun rumah apapun model atau gaya rumah yang dipilih sekaligus pula di desain sebagai rumah tahan gempa.

Rumah tahan gempa pada dasarnya memiliki batasan-batasan sebagai berikut:
  1. Jika terjadi gempa kecil, bagian struktur dan non struktur tidak mengalami kerusakan sekecil apapun.
  2. Jika terjadi gempa sedang bagian non struktural bisa mengalami kerusakan sedangkan bagian strukturnya tidak boleh rusak.
  3. Jika terjadi gempa besar, sebagian struktur boleh rusak tapi tidak mengakibatkan keruntuhan seluruh bangunan sehingga penghuni rumah mempunyai waktu untuk menyelamatkan diri.
Rumah tahan gempa identik dengan struktur stabil. Untuk mendapatkan struktur stabil perlu diperhatikan 3 cara mendesain rumah tahan gempa sebagai berikut :
  1. Membuat denah rumah sederhana + simetris, menghindari bentuk tidak beraturan.
  2. Perhatikan keperluan struktur terutama kesesuaian spesifikasi bahan, tidak hanya fokus untuk keperluan finishing dan estetika rumah saja.
  3. Pemasangan angkur pada sambungan antara kolom dan balok (sloof dan ringbalk), kolom dan dinding, serta ringbalk dan kuda-kuda.
Selain hal diatas, makin banyaknya material bangunan ringan baik untuk dinding rumah, plafon rumah, ataupun atap rumah bisa dipilih untuk meminimalisir kerusakan akibat gempa.

Home Sweet Home...

TANYA DEKORASI RUMAH Anda ingin bertanya tentang dekorasi rumah? silahkan kirimkan pertanyaan dekorasi rumah, klik ikon. Untuk bisnis / kerjasama silahkan chat via tombol whatsapp
youtube-arizman-channel
komunitas-properti

Dekorasi Rumah

Top